Tugas Resume Kuliah Tamu (Selasa, 27 Agustus 2019)


TUGAS RESUME KULIAH TAMU
Fit For the Future
A Sharing of Experience
Ahmadsyah Alghozi Nugroho
(International Oil Company, Netherlands)


            Pengisi Kuliah Tamu pada Selasa, 27 Agustus 2019 adalah Ahmadsyah Alghozi Nugroho. Beliau mendapatkan gelar Sarjana pertamanya dari Teknik Informatika ITS pada tahun 1996. Setelah beliau menyelesaikan gelar S1 nya, beliau selanjutnya mengambil gelar S2 nya di Universitas Indonesia dengan fokus yang sama, yaitu jurusan ilmu computer. Beliau memilih untuk menekunkan dirinya di jurusan tersebut karena termotivasi dari bermain game dan ingin membeli komputer baru. Saat ini, beliau sudah mendapatkan kerja di perusahaan Shell di Belanda dan menjabat sebagai Data Architect.

            Orang tua adalah motivasi utama untuk beliau menjalankan kehidupannya dengan serius. Beliau percaya jika keinginan apapun yang beliau jalankan dengan sungguh-sungguh, pasti akan tercapai. Beliau menyinggung tentang Vision Board. Vision Board sendiri adalah catatan apapun keinginan beliau yang di catat di suatu media dan ditempelkan di tempat manapun yang beliau lihat setiap hari, salah satunya cermin rias. Vision Board itu sendiri digunakan oleh beliau untuk pengingat dari tujuan-tujuan yang ingin beliau raih.

            Beliau juga menekankan bahwa melihat opportunity atau peluang adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sekecil apapun peluang tersebut jika dapat menunjang untuk kita meraih tujuan yang kita ingin capai. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat dua tipe orang di dunia, yaitu Generalist dan Specialist.

            Generalist sendiri adalah seseorang yang memiliki kemampuan pada beberapa bidang secara luas, namun pengetahuan pada bidang-bidang tersebut tidak cukup didalami. Sedangkan, Specialist adalah seseorang yang memiliki kemampuan pada bidang tertentu tetapi dapat mendalami bidang yang ia mampu tersebut.

            Terakhir, terdapat beberapa hal yang sangat dibutuhkan setelah lulus dari jurusan yang kita tekuni, yaitu Informatika ITS. Beberapa hal tersebut antara lain adalah Domian Skill, Leadership Skill, Networking Skill, Self Branding, dan Other Skills.

Comments