Analisis Sistem Informasi pada Zomato

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Sistem informasi juga memiliki sebuah gambaran yang diinterpretasikan dalam diagram secara umum. Bentuk diagramnya adalah seperti dibawah ini :


  • Transaction Processing Systems
  • Management Information Systems
  • Decision Support Systems
  • Executive Information Systems

TPS adalah sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali.
Management Information System disingkat dengan MIS. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan Sistem Informasi Manajemen. Didefenisikan sebagai kumpulan dari manusia dan sumber-sumber daya di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan management di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian. Atau, kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen.
Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Sistem Informasi eksekutif (EIS) adalah satu jenis dari manajemen informasi sistem dimaksud untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu gol strategis dari organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai satu bentuk dikhususkan dari satu sistem mendukung keputusan (DSS).

Pada kali ini, saya akan mengambil contoh dan menganalisis Sistem Informasi dari website dan aplikasi bernama Zomato. Apa itu Zomato dan bagaimana analisis sistem informasi yang terdapat pada Zomato akan dijelaskan lebih detil dibawah.

I.  Apa itu Zomato ?

Zomato adalah situs pencarian restoran yang menyediakan informasi untuk makan di luar, pesan bawa pulang, kafe, dan nightlife untuk kota-kota di Indonesia, India, Turki, Selandia Baru, Filipina, Afrika Selatan, Sri Lanka, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Berawal dengan nama Foodiebay.com, Zomato didirikan oleh Deepinder Goyal dan Pankaj Chaddah yang merupakan sarjana IIT Delhi di New Delhi, India.
Pada tahun 2010, situs ini terpilih dalam top 25 perusahaan internet paling menjanjikan di India oleh majalah SmartTechie.Saat itulah Infoedge, induk perusahaan dari grup Naukri.com, menginvestasikan INR 4.7 crore (US $ 1 juta) ke dalam bisnis ini.


Homepage pada website Zomato


II.  Klasifikasi Fitur pada Zomato

Klasifikasi fitur pada zomato antara lain adalah :
  • Teknologi End User
Zomato dapat di akses melalui website zomato sendiri (zomato.com), aplikasi pada smartphone (iOS, Android, dll).
  • Teknologi Database
Zomato menggunakan teknologi database yang disebut cloud computing. Cloud computing sendiri adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). 
  • Payment
Sebenarnya, zomato adalah aplikasi yang hanya memberi informasi tentang restoran, makanan, dan user bisa memberi rating atau comment jika sudah login. Tetapi, baru-baru ini zomato meluncurkan sebuah fitur baru yaitu Zomato Gold yang dimana bertujuan untuk memberikan promo dan memudahkan user untuk booking restoran yang ingin dituju sebelum sampai di tempat. Jika user ingin menjadi member Zomato Gold, maka pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit berlogo visa atau mastercard.
Payment untuk member Zomato Gold

  • Customer Service
Zomato dilengkapi dengan customer service melalui email dan nomer telepon yang tertera di website/aplikasi zomato sendiri.

III.  Analisis Diagram Sistem Informasi pada Zomato

  • Transaction Processing Systems
TPS pada zomato berperan dalam perbaharuan informasi tentang macam-macam restoran baik yang baru buka, restoran dengan rating tertinggi maupun terendah, ataupun pada saat payment untuk menjadi member zomato gold. Dari segi design website juga termasuk dalam TPS ini, maupun optimasi mesin pencari pada website zomato.
  • Management Information System
Zomato pada dasarnya adalah cloud based system yang dapat membantu untuk mengatur sistem restoran dari sisi restoran dan usernya. Implementasi MIS pada Zomato antara lain :

1. Menu Management : Dapat mengatur menu dan harga dari sebuah restoran kapanpun dan dimanapun.
2. Inventory Management : Mengatur inventori restoran dan memberi tahu kapan harus resupply.
3. CRM : Dapat mengakses informasi user (preferensi, tanggal lahir, ataupun order history).
4. Real-time Analytics : Menganalisis data yang berpengaruh pada perfomansi restoran
5. Electronic Receipts : Membantu user/customer dalam mendapatkan receipt digital melalui e-mail dan SMS dan juga dapat menghemat penggunaan kertas.
6. Online Payments : Membantu customer dalam pembayaran daring lewat smartphone masing-masing user.
, dll.
  • Decision Support Systems
Decision Support System pada zomato dapat dilihat salah satunya dari pengambilan keputusan terkait restoran mana yang berhak menjadi "recommended restaurant" yang dimana gelar tersebut diberikan oleh zomato jika rating per restoran memang memenuhi klasifikasi dan disandingkan dengan banyaknya user yang me-review restoran tersebut. Gelar tersebut sangat memengaruhi user agar bisa menjadi sebuah acuan rekomendasi.
  • Executive Information Systems
Untuk memenuhi kebutuhan informasi, The Gurgaon-based Zomato Media Pvt Ltd, pemilik dari restoran dan situs event-listing Zomato.com, sudah mengambil alih MapleGraph Solutions Pvt Ltd yang beroperasi dalam bisnis point-of-sales untuk dijadikan acuan bisnis dalam restaurant listings dan review.




Sumber :





Comments