Tugas APSI (Sistem Penggajian dan Pengupahan)

1.) Deskripsi Penerbitan dan Percetakan
- Pernerbitan
Penerbit atau penerbitan adalah industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik. Penerbit dari sistem penerbitannya dapat dibedakan sebagai penerbitan umum (konvensional) dan juga penerbitan mandiri atau self-publish, di mana penulis sebagai penerbitnya.
- Percetakan
Percetakan adalah istilah yang sering juga didengar mendampingi istilah penerbitan. Karna untuk menciptakan sebuah tebitan maka harus ada kerjasa diantara penerbit dan pencetak. Di Indonesia sendiri cukup banyak instansi yang menyandang predikat sebagai penerbit sekaligus pencetak. Dan pengertian dari percetakan buku sendiri adalah instansi yang mencetak buku karya pengarang secara materil setelah sebelumnya diterbitkan secara immaterial oleh penerbit.

2) Identifikasi masalah yang ada di sistem penggajian
- Pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dapat terjadi kecurangan-kecurangan. Kecurangan ini dapat dilakukan dengan memasukkan nama-nama karyawan yang fiktif dalam daftar gaji dan upah atau membayar lebih kepada karyawan-karyawan yang ada dalam daftar gaji dan upah.
- Terjadinya perubahan jadwal kerja karyawan yang terlambat dilaporkan ke bagian pengggajian.

3) Identifikasi apa yang bisa ditingkatkan dari sistem penggajian yang ada
- Solusinya untuk masalah kecurangan penulisan karyawan fiktif adalah ketika nama karyawan di input maka harus di verifikasi ke dalam database karyawan apakah karyawan tersebut memang benar ada atau tidak. Hal ini akan menghilangkan karyawan fiktif yang ditulis.
- Ketika terjadi perubahan jadwal sebaiknya secepatnya dilaporkan ke bagian penggajian.

4) Definisikan kebutuhan baru untuk membangun sistem informasi penggajian yang akan datang
- Membuat program komputer yang dapat menghitung gaji secara otomatis dan sesuai ketentuan yang ditetapkan perusahaan untuk menghindari kecurangan oleh manusia.
- Membuat mesin kehadiran yang dapat dikoneksikan dengan program komputer penghitung gaji agar tidak ada lagi keterlambatan informasi perubahan jadwal kerja.

Comments