Future Project in IT World (Eye Tribe)

The Eye Tribe


The Eye Tribe, yaitu sebuah sensor yang melacak mata melalui gerakan pupil yang ditemukan oleh mahasiswa Ph.D dari Universitas Copenhagen dengan temuan pertama yang dinamai Submilimeter Pupil Tracking. 
The Eye Tribe menggunakan sensor infrared yang menangkap gerakan pupil mata kita yang kemudian dapat mengontrol sebuah perangkat dengan akurat dan tepat yang berasal dari algoritma khusus pada The Eye Tribe. Teknologi ini didesain agar memiliki kecepatan melebihi jari yang faktanya memang pupil memiliki keakuratan yang sama dengan sidik jari/finger print.  

Hasil gambar untuk the eye tribe




Time :
Untuk mengembangkan projek Eye Tribe ini, perusahaan The Eye Tribe sendiri memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun (2012-2013) dari mulai pendirian perusahaannya hingga produk pertama mulai diumumkan ke khalayak umum (produk pertama tersebut adalah Android Eye Tracking Tablet).

Cost :
The Eye Tribe mendapat pendanaan dari pemerintah sebesar US $4.4mio (kurang lebih 62 milyar Rupiah) dan akan dipasarkan untuk masyarakat dengan harga US $199 (kurang lebih 2,8 juta Rupiah).

Scope :
The Eye Tribe sendiri ditunjukkan untuk masyarakat umum yang ingin menggunakan eye tracker untuk memudahkan kehidupan sehari-hari dengan harga yang murah, tetapi tidak meninggalkan berbagai macam fitur yang setara dengan harga yang mahal.

Features :
Fitur-fitur yang tersedia dari projek The Eye Tribe ini antara lain,

  • Camera dan high-resolution infrared LED
  • Eye tracker (untuk me-record pergerakan mata pengguna)
  • Projector (untuk membuat pola gerakan dengan memroyeksikan cahaya inframerah menuju mata)
  • Sensor (untuk pengambilan gambar dengan framerate yang tinggi dari mata pengguna dan cahaya inframerah).
Referensi :
https://theeyetribe.com/theeyetribe.com/about/index.html
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Eye_Tribe
http://www.thepanicchannel.com/technology/the-eye-tribe-teknologi-terbaru-menggunakan-pelacak-mata-pada-virtual-reality-vr/
https://www.youtube.com/watch?v=XE0aANnzrL8


Comments